Tentang PACE

PACE adalah seorang lelaki berahang tegas dari PAPUA, umurnya belum menginjak kepala tiga, PACE saat ini merupakan seorang pegawai di perusahaan dimana tempat gua bekerja. dia adalah salah satu survivor di marganya, yang berhasil merengkuh ijazah dan sampai di kota.

PACE bercerita, bagaimana sang mama menolaknya untuk bersekolah, kata PACE punya mama, dia takut kalau PACE sekolah, nanti PACE pindah ke JAWA. kini PACE telah menunjukkan kepada keluarga besarnya. kerja kerasnya menuju sekolah, terbayar lunas sudah. Tuhan kasih PACE kesempatan bekerja. di salah satu perusahaan besar milik NEGARA.

PACE juga bercerita, bagaimana perjalanannya hendak ke sekolah, berperahu menyebrang sudah khatam dijalaninya. hingga akhirnya, ada jalan 3 KM menuju Sekolah yang dibuka. panas terik sudah jadi makan seharinya, maklum saja, matahari adalah teman mainnya.

PACE bukan orang biasa, Kepala Suku adalah Ayahnya, dengan kata lain dia adalah putra mahkota. Ayahnya adalah orang yang tegas nan bersahaja, penuh dengan visi merupakan kelebihan ayahnya, PACE ke sekolah, adalah paksaan ayahnya, meski harus berdebat dengan Sang MAMA, PACE akhirnya tamat SMA.

PACE adalah simbol bahwa pendidikan masih belum merata, mungkin besok atau lusa, Barat hingga Timur akan sejajar adanya. cara pandang masyarakat adalah hal tersulit yang harus diubah. tapi mau tidak mau itu adalah PR Besar Pemerintah.

Papua masih Pancaroba, PACE – PACE yang lain mungkin sudah ada, niat berpendidikan sudah jadi fitrah manusia, saatnya PACE – PACE yang lain kita bantu berbenah. mulai dengan tidak memandang timur hanya raja ampat saja. ada Papua dan pulau Lainnya.

Pagi yang indah, aku lihat PACE me lara, jelas tertuju di matanya sebuah rindu akan kampung halamannya, saat melihat gunung di hadapan villa tempat kami melepas lelah. PAPUA terlalu indah untuk ditinggalkan dalam masa yang lama. tapi yakinlah PACE bisa, dia seorang pengembara, dan bila semua sudah cukup baginya, PACE akan kembali untuk PAPUA.

 

Terimakasih PACE

jimmy.esa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *