Tentang Konsep Pendidikan

Tersebutlah si ANU, lulusan sebuah universitas dengan jurusan kelautan, dan beberapa waktu lalu bertemu gue dan gue tahu bahwa sekarang dia kerja di dealer motor. Si INA juga gitu, kuliah di jurusan yang mengarah ke laut malah kerja sebagai teler bank, si ATU apalagi, kerjanya sekarang jadi receptionist di kantor pos dengan latar belakang kuliah yang sama, kelautan.

Kebalikannya, si ANI sekarang kerja di bidang kelautan dengan dasar pendidikan “Guru Matematika”.

Gue bener – bener ga ada masalah sama dimana mereka ngambil jurusan ataupun dimana mereka cari nafkah sekarang. Tapi bukankah konsep dari kuliah dan jurusannya adalah menyiapkan lulusan – lulusan yang fokus dengan dasar ilmunya. Seorang Lulusan teknik mesin tempatnya adalah disekitar mesin, bukannya jadi nelayan kan. Bukankah ketika mereka mengambil sebuah jurusan, mereka sebenarnya sedang memutuskan jalan hidup mereka, bukankah jurusan yang kamu ambil adalah sebuah persepsi dari cita – cita yang kalian dambakan.

Pertanyaannya :

ketika kalian masuk kesebuah tempat kerja yang tidak sesuai dengan passion anda, apakah jumlah gaji yang diterima bisa menutupi luka akan pupusnya sebuah cita – cita ?

jimmy.esa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *